Liputan Rembug Buku #5: Sebagian Kecil Buku Anak Era 70-90an


        Jakarta (17/3)—di ruang zoom pada bulan Maret lalu, dalam #rembugbuku5 sekitar 35 orang saling berbagi buku-buku anak circa 70-90an. Diskusi malam itu memang hanya mampu membahas sebagian kecil buku anak terbitan tahun 70-90an, namun berlangsung cukup hangat. Beragam yang dibawa, beragam juga pembicaraan yang muncul.

        Kuasa negara (Orde Baru) lewat keluarga menjadi salah satu tema yg dibahas, melalui buku-buku anak terbitan INPRES. Tema kemiskinan dan romatismenya sempat dibicarakan saat membahas buku Keluarga Cemara dari Arswendo Atmowiloto.

        Tema cerita detektif dan petualangan hadir melalui buku-buku Arswendo dan Bung Smas. Salah satu hal menarik yang mencuat adalah banyaknya ekspresi umpatan dan (mungkin) ujaran perundungan dalam cerita anak dan remaja pada masa itu.

        Cerita rakyat yang sarat pesan moral ada banyak. Namun, cerita rakyat yg dikemas dalam buku bergambar yang menarik ternyata bisa ditemukan lewat penerbit Grafiti, salah satunya.

        Selain itu, tema science fiction hadir lewat buku Djokolelono, Penjelajah Antariksa misalnya. Beberapa buku anak terjemahan terbitan Gramedia juga sempat disebut. Pak Raden dan karyanya juga mengemuka, salah satunya lewat penerbit Djambatan. 

        Majalah Si Kuncung dan majalah Kawanku menghadirkan diskusi tentang beragam ilustrasi dan gayanya. Pembicaraan juga menyinggung soal kredit pada para illustrator, ditandai dengan tak banyak buku-buku yang mencantumkan nama illustrator di buku atau di setiap gambar ilustrasi dalam majalah. 

        Pembicaraan malam itu. juga meluas ke buku bekas perpustakaan yang kerap dijumpai di lapak buku bekas: Apakah buku perpustakaan bisa dijual?

Berikut adalah daftar buku yang sempat disebut dalam diskusi malam itu:

1. Seri Keluarga Cemara – Arswendo Atmowiloto

2. Seri Noni – Bung Smas

3. Pulung – Bung Smas

4. Seri ACI (Aku Cinta Indonesia) – Arswendo Atmowiloto

5. Penjelajah Antariksa – Djokolelono

6. Kalau yang Enak Didahulukan – Suyadi

7. Majalah Si Kuncung

8. Majalah Kawanku

9. Buku-buku terbitan INPRES

10. Seri Cerita Rakyat terbitan Grasindo

11. Seri Cerita Rakyat terbitan Grafiti

        Untuk mendengar diskusi lengkap dan judul buku, serta deskripsinya secara utuh, sila simak video #rembugbuku5 di sini. (EFR) 


Komentar